Jumat, 16 Mei 2014

Cara Mengubah Urutan Booting Pada Grub Linux

Mungkin di antara teman-teman ada yang baru bermigrasi ke linux menginginkan sistem operasi Windows berada pada urutan atas pada grub loader agar mudah jika ingin masuk ke Windows. Namun masih ada yang belum mengetahui cara untuk merubah urutan grub .loader tersebut. Nah dalam artikel kali iini akan saya jelaskan cara untuk merubah urutan Grub Loader dengan mudah.


grub


1. Masuk terminal dengan menekan Ctrl+Alt+T

2. Masukklah sebagai Super User kemudian editlah file "grub.cfg"
sudo gedit /boot/grub/grub.cfg
    Kemudian muncul Text Editor seperti dibawah ini.
grub.cfg

3. Cari bagian dengan susunan kalimat seperti bagian yang di blok yang tertera pada gambar
grub.cfg

    Pada bagian inilah kita akan mengubah urutan booting dengan memindahkan kalimat yang dimulai dengan "menuentry" dan diakhiri dengan tanda "}"

4. Saya akan memberi contoh hasil pemindahan yang saya lakukan
grub.cfg
    Pada gambar diatas saya mengubah urutan Grub Loader dengan susunan Windows 7 berada pada urutan paling atas, Linux Mint 15 Cinamon ada di urutan kedua dan Ubuntu 13.10 ada pada urutan ketiga dan seterusnya.

5. Kita juga bisa mengubah nama tampilan pada sistem operasi kita dengan mengubah bagian seperti yang saya contohkan 
menuentry 'Linux Mint 15 Cinnamon 32-bit, 3.8.0-19-generic (/dev/sda3)
Menjadi
menuentry 'Operasi Sistem kesukaan Saya 
  Dari contoh diatas saya mengubah tampilan nama operasi sistem dari 'Linux Mint 15 Cinnamon 32-bit, 3.8.0-19-generic (/dev/sda3)'  menjadi 'Operasi Sistem kesukaan Saya' 

Apabila selesai melakukan pengeditan , simpan file tersebut . dan unbtuk melihat hasilnya silahkan lakukan restart komputer anda.

6 komentar: