Senin, 05 Mei 2014

Download Linux Mint 16 Petra

Linux Mint adalah sistem operasi berbasis Linux untuk PC. Inti dari LinuxMint adalah Ubuntu, sehingga aplikasi yang dapat berjalan di Ubuntu, juga bisa berjalan pada LinuxMint. Walaupun inti dari LinuxMint adalah Ubuntu, LinuxMint hadir dengan tampilan yang berbeda dengan Ubuntu.

Mint logo

Linux Mint sangat disarankan bagi para newbie yang baru bermigrasi dari Jendela. Karena Linux Mint telah dilenngkapi codec multimedia yang siap digunakan. Tampilannya pun lebih enak untuk mata kita.

Perbandingan linux mint dengan linux ubuntu
* LinuxMint memiliki menu start yang berbeda dengan Ubuntu. Dilengkapi dengan pencarian dan aplikasi favorit.
* Pada edisi Main, LinuxMint sudah terintegrasi dengan codec multimedia yang umum digunakan. Sehingga pengguna dapat langsung memainkan file mp3.
* Sudah terintegrasi dengan Java Runtime.
* Tampilan boot yang lebih baik dengan menggunakan gfxboot.

KELEBIHAN
1. dilengkapi dengan pencarian applikasi terfaforit
2. dapat langsung dijalankan melalui USB Flash Drive dengan menggunakan UNetbootin seperti pada system operasi Windows
3. sudah terintegrasi dengan Java Runtime
4. tampilan boot yang lenih baik engan GFXboot

KEKURANGAN
1. Belum sepopuler distro lainnya
2. hardware resource linux mint lebih sedikit
3. installer membingungkan
4. riilis stabilnya out-of-date

Untuk download Linux Mint silahkan download dari link yang saya bagikan di bawah.

Linux Mint 16 Cinnamon
32-Bit
64-Bit

Linux Mint 16 Mate
32-Bit
64-Bit

Linux Mint 16 KDE
32-Bit
64-Bit

Linux Mint 16 XFCE
32-Bit
64-Bit


Sekian untuk posting kali ini. Semoga dapat bertemu pada posting lainnya.


4 komentar:

  1. Bismillahirrahmanirrahim.

    Saya punya banyak masukan untuk blogger Linux seperti akang.

    1) Fokuskan topik blog. Jadilah #1 di seluruh Indonesia dalam 1 bidang. Misalnya khusus instalasi PPA di Ubuntu (kayaknya belum ada). Tolong perhatikan bahwa Bahasa Indonesia sangatlah penting bagi pembaca.

    2) Usahakan akang menulis dalam bahasa yang rapi dan diperhatikan betul tata bahasanya. Tentunya ini adalah sebuah proses yang tidak akan sempurna dalam waktu cepat. Namun hal ini adalah bukti kelas penulisnya dan bukti keseriusan seseorang. Ini yang menentukan suatu tulisan layak baca atau tidak.

    3) Buat 1 halaman khusus yang berkenaan dengan 1 subtopik dalam 1 topik akang. Misal, karena ini blog Ubuntu*, maka alangkah bagus kalau dibuatkan 1 laman baru khusus unduh PDF yang berkaitan dengan Ubuntu*. Mulai dasar sampai expert. Baik dalam Bahasa Indonesia (kalau ada) atau Bahasa Inggris. Itu akan jadi laman yang paling dicari pengunjung.

    4) Konsistenlah dalam tema UI Ubuntu/Mint. Jika Ubuntu datang dengan antarmuka bernama Unity, maka usahakan betul akang jaga skrinsot-skrinsot akang supaya diambil dalam Unity. Jangan gonta-ganti tema untuk skrinsot-skrinsot di dalam tulisan. Ini adalah fundamen UX yang sangat penting. Ini akan membentuk persepsi di kalangan pembaca dan persepsi itu akan menambah level kemudahan Ubuntu untuk digunakan. Ini berlaku juga untuk Mint. Tentunya ini yang akang harapkan.

    5) Gunakan tema blog yang sederhana sehingga mudah di-load pembaca. Ukur kecepatan load blog akang dengan situs macam http://www.numion.com/ (cari sendiri kalau tidak puas). Tampilan tidak penting. Yang penting adalah isinya. Saya kira tema yang sekarang bisa dipertahankan.

    6) Berikan widget Recent Comment agar pembaca langsung tahu kalau komentar mereka sudah akang balas. Ini penting karena akang menggunakan Blogspot (bukan Wordpress.com).

    7) Buat versi PDF dari posting-posting paling bagus punya akang. Sebarkan di grup Linux + skrinsot kovernya. Jangan lupa bubuhkan alamat blog ini padanya.

    8) Buat kumpulan pranala penting dalam 1 subtopik sebagai widget kanan. Lihat blog saya sebagai contohnya. Ini akan meningkatkan SEO onpage akang sekaligus menambah kemudahan di sisi pembaca akang.

    Sebenarnya masih banyak lagi ide saya. Jika ingin berbincang. silakan akang datang ke IRC chatroom #ubuntu-indonesia. Saya harap komentar saya bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih banyak atas masukkannya kang. Akan saya coba saran akang di atas

      Hapus
  2. kalau berbicara mengenai Linux saya sangat tidak paham mas dan untuk mempelajarinya secara langsung pun tidak mungkin karena OS di laptop udah dari Microsoft tapi membacanya secara artikel seperti yang ada di blog ini menambah pengetahuan saya, terimakasih...

    BalasHapus
  3. Sama-sama,
    Terimakasih telah berkunjung

    BalasHapus